Cara Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Ada banyak cara mencegah terbentuknya batu empedu, berikut ini 5 tips untuk mencegah terjadinya batu empedu :

1. Mempertahankan Berat Badan Sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas akan mempertinggi resiko terjadinya batu empedu. Olahraga secara teratur dan mempertahankan diet sehat yang seimbang harus menjadi bagian integral dari gaya hidup sehat. Melakukan olahraga minimal selama 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya batu empedu. Dan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran hijau juga penting untuk mencegah terjadinya batu empedu.
2. Batasi Jumlah Asupan Lemak

Membatasi jumlah asupan lemak dalam diet sehari-hari dapat mengurangi risiko terjadinya batu empedu. Makanan yang tinggi akan lemak jenuh, seperti daging merah dan mentega, bisa menyebabkan terjadinya batu empedu.
Membatasi asupan lemak jenuh, atau beralih ke lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau asam lemak omega-3, akan mengurangi risiko terkena batu empedu.

3. Kopi

Minum kopi juga dapat menurunkan resiko terjadinya batu empedu. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat berkontribusi terhadap kontraksi kandung empedu yang dapat mengurangi produksi pembentukan batu empedu.
4. Hindari Diet Ketat atau Penurunan Berat Badan dengan Cepat

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak dianjurkan untuk melakukan penurunan berat badan dengan cepat atau melakukan diet ketat. Hal ini disebabkan karena kehilangan berat badan dengan cepat dapat menyebabkan pembentukan batu empedu.

Menurut Mayo Clinic, penurunan berat badan yang sehat adalah sekitar 1 kg dalam seminggu. Kehilangan berat badan lebih dari 1 kg dalam seminggu, selain tidak sehat juga dapat mengakibatkan kenaikan berat badan dengan cepat juga. Olahraga moderat seperti jalan kaki dan berenang adalah latihan yang baik untuk menurunkan berat badan secara bertahap.

5. Tindakan Pencegahan Lainnya

Diet tinggi serat dapat mencegah batu empedu. Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan kenari sangat baik untuk mencegah tejadinya batu empedu. Tindakan pencegahan batu empedu lainnya adalah dengan menurunkan asupan gula dan karbohidrat. Makan secara teratur dan tidak melewatkan waktu makan juga penting dalam pencegahan batu empedu.

Cara Mencegah Terbentuknya Batu Empedu
Artikel dikutip dari : www.amazine.co

Cara Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

0 komentar: